Selasa, 25 Januari 2011

KOPLING DAN PEMINDAH DAYA

1. KOPLING


Kopling terletak di antara mesin dan transmisi,





dilihat dari jenis pegas penekan yang digunakan, kopling dibagi menjadi dua tipe, yaitu tipe kopling dengan pegas koil


kopling dengan pegas diafragma atau matahari


Dilihat dari mekanisme penggeraknya, ada dua tipe kopling yaitu kopling mekanis (penggeraknya menggunakan kabel),

 dan kopling hidrolis (penggeraknya menggunakan minyak/fluida)



PEMINDAH DAYA
(power train) adalah suatu mekanisme yang memindahkan tenaga dari mesin ke roda-roda.

Berdasarkan penempatan mesinnya, sistem pemindah tenaga dapat dibedakan menjadi empat macam:
1) mesin di depan sistem penggerak roda belakang, gambar 2.1;
2) mesin di depan sistem penggerak roda depan, gambar 2.2;
3) mesin di depan sistem penggerak keempat rodanya, gambar 2.3;
4) mesin di belakang sistem penggerak roda belakang. Mesin di tengah sistem penggerak roda belakang, gambar 2.4.
Dari keempat macam sistem pemindah daya tersebut, yang lebih banyak dipakai pada mobil adalah mesin di depan dan sistem penggerak roda belakang front engine rear drive).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar